Panduan Lengkap Memilih Fitting dan Selang Hidrolik: Cara dan Tips

Tanggal : 19 Jul 2024 Penulis : PT. Cahaya Pasifik Utama

Memilih fitting dan selang hidrolik yang tepat adalah langkah penting untuk memastikan sistem hidrolik Anda berfungsi dengan optimal. Dalam panduan ini, kami akan memberikan langkah-langkah dan tips untuk membantu Anda mengidentifikasi dan mengukur fitting dan selang hidrolik dengan benar. PT. Cahaya Pasifik Utama hadir untuk membantu Anda dalam setiap langkah proses ini.


1. Cara Mengidentifikasi Jenis Fitting

Untuk memastikan bahwa fitting Anda kompatibel dengan komponen lainnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Periksa Bentuk dan Ukuran Fitting: Lihat bentuk dan ukuran fitting. Fitting yang umum digunakan termasuk JIC, NPT, ORFS, dan BSP.
  • Perhatikan Jenis Ulir: Identifikasi jenis ulir pada fitting. Ini bisa berupa ulir paralel atau meruncing.
  • Cek Material: Fitting bisa terbuat dari berbagai material seperti baja, stainless steel, atau kuningan. Pilih material yang sesuai dengan aplikasi Anda.


2. Cara Mengukur Fitting

Mengukur fitting dengan tepat adalah kunci untuk memastikan kompatibilitas. Berikut adalah panduan langkah demi langkah:

  • Ukur Inner Diameter (ID): Gunakan jangka sorong atau kaliper untuk mengukur diameter bagian dalam fitting.
  • Ukur Outer Diameter (OD): Gunakan jangka sorong atau kaliper untuk mengukur diameter bagian luar fitting.
  • Identifikasi Thread: Gunakan alat pengukur ulir untuk menentukan jenis dan ukuran ulir fitting.
  • Periksa Sudut Fitting: Pastikan sudut fitting sesuai dengan kebutuhan, seperti apakah fitting memiliki 90 derajat, 45 derajat, atau lurus.


3. Cara Mengidentifikasi Tipe Selang Hidrolik

Selang hidrolik yang tepat harus dipilih berdasarkan kebutuhan aplikasi Anda. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengidentifikasi selang yang tepat:

  • Periksa Jumlah Kawat: Tentukan apakah selang memiliki satu atau lebih lapisan kawat. Semakin banyak lapisan, semakin kuat selang tersebut.
  • Cek Tekanan Kerja: Pastikan selang mampu menangani tekanan operasional sistem Anda. Ini bisa diidentifikasi melalui label atau katalog produk.
  • Tinjau Material Selang: Pastikan material selang sesuai dengan fluida dan kondisi kerja.


4. Cara Mengukur Selang Hidrolik

Pengukuran yang akurat penting untuk memastikan selang berfungsi dengan baik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Ukur Panjang Selang: Gunakan meteran untuk mengukur panjang selang dari ujung ke ujung.
  • Cek Diameter Dalam dan Luar: Gunakan jangka sorong atau kaliper untuk mengukur diameter dalam dan luar selang, memastikan cocok dengan fitting yang digunakan.



Solusi dari PT. Cahaya Pasifik Utama

PT. Cahaya Pasifik Utama menyediakan solusi lengkap untuk kebutuhan selang hidrolik dan fitting Anda. Kami menawarkan layanan pembuatan hose assembly (hose assy) yang memastikan semua komponen sesuai dengan spesifikasi yang Anda butuhkan. Jika terdapat keraguan mengenai ukuran dan tipe selang, tim ahli kami siap membantu mengukur dan mengidentifikasi selang hidrolik Anda, sehingga kami dapat memberikan sparepart yang presisi dan sesuai.

Untuk informasi lebih lanjut atau konsultasi gratis, hubungi tim kami di PT. Cahaya Pasifik Utama. Kami siap membantu Anda menemukan solusi terbaik untuk sistem hidrolik Anda.



kategori Blog

Tag

Post terbaru

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui